Siswa SMK Pembaharuan kembali menuai sukses atas kerja keras serta kerjasama antara siswa dan guru. Kali ini, para siswa SMK Pembaharuan Siantar berhasil menciptakan Prototype Pembangkit Listrik Micro Hydro.

Peralatan ini adalah lanjutan dari proyek generator mini pembangkit listrik yang telah berhasil diciptakan sebelumnya.

Kepala SMK Pembaharuan Drs Wilter Sinaga Dipl Ing mengatakan, dari proyek pembuatan generator mini, pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh siswa adalah, bagaimana listrik itu dapat dibangkitkan atau diproduksi. Dalam proyek ektrakurikuler lanjutan ini, siswa dilatih untuk menciptakan pembangkit listrik dengan memanfaatkan tenaga air atau hydro power.

Dijelaskan Wilter, siswa dengan cepat dapat langsung merealisasikan daya kreasi masing-masing dalam bentuk hasil kerja yang nyata. Masing-masing prototype punya bentuk dan konstruksi yg berbeda, tapi dengan prinsip yang sama. Dari sini kelihatan, bahwa prototype yang diciptakan siswa ini sungguh-sungguh murni dari hasil kreasi masing-masing yangg mereka peroleh dari pelatihan.

"prototype.smk.pembaruan

Kepala Sekolah sekaligus pembimbing siswa dalam proyek ini mengatakan, bagi yang berhasil menciptakan prototype dan sesudah diujicoba ternyata berfungsi sempurna, mereka diberi reward berupa dana insentif sebagai pengganti pembelian bahan-bahan yang dipergunakan. Sehingga mereka betul-betul merasa didukung penuh dan dihargai.

“Dengan cara ini, siswa memiliki semangat belajar yang luar biasa dan niat yang murni untuk mengembangkan keahlian dan ketrampilan mereka untuk menggapai cita-cita dengan harapan masa depan yang gemilang,”kata Wilter Sinaga.

Wilter Sinaga berharap kepada orangtua yang mau menyekolahkan anaknya ke tingkat SMK, supaya melihat latar belakang dan prestasi.

“Apa yang bisa dibekali sekolah untuk menggapai cita-cita si anak. SMK Pembaharuan Siantar, siap mendidik anak-anak menjadi trampil dan ahli dalam bidangnya masing-masing. Ditambah keahlian tambahan lainya untuk menjadi bekal anak didik yang akan terjun ke masyarakat sesudah mereka lulus,”pungkas Wilter. (rel/esa)

Diterbitkan oleh addcreate

IT Computer Engenering, Web Developer, Video Editor

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda dengan WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: